Berita

Presiden RI: Untuk Maju Harus Kerjasama


AACC2015, Bandung - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengajak seluruh perwakilan negara Asia dan Afrika memulai kerjasama perekonomian untuk meningkatkan kualitas hidup rakyat di masing-masing negara.

"Semangat Spirit Bandung untuk memajukan kesejahteraan rakyatnya, maka kita harus harus kerjasama," ujar Presiden Joko Widodo pada puncak Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA), Bandung, Jumat (24/4).

Menurut dia, Spirit Bandung yang telah disepakati oleh para pendahulu seharusnya menjadi pengikat untuk membuka setiap potensi kerjasama perekonomian. Melalui kegiatan ini sebaiknya menjadi momentum yang baik untuk membuat berbagai kesepakatan ekonomi dalam mensejahterakan rakyat.

Masih segar dalam ingatan, cita-cita memperjuangkan kemerdekaan yang dilakukan oleh para pendahulu, kala itu semua negara Asia dan Afrika masih terkena imbas dari kolonialisme. Dari ajang KAA timbul semangat kebersamaan berdasarkan spirit Bandung untuk melawan setiap kolonialisme yang masih terjadi.

"Dahulu lima negara masing-masing masih bermimpi memperoleh kemerdekaan dari penjajahan yang sedang dialami oleh mereka, Sri langka, Myanmar, Bangladesh, India, dan Indonesia, masih bercita memperoleh kemerdekaan. Namun, cita-cita merupakan hal yang menginmspirasi kelahiran Spirit Bandung masih bermimpi untuk merdeka," imbuhnya.

Joko Widodo melalui Peringatan KAA mengajak bagi seluruh rakyat perwakilan negara untuk kembali menggelorakan Spirit Bandung di negara-Asia dan Afrika. Demi memperjuangkan perdamaian, kemiskinan, dan kesejahteraan rakyat. (Foto: Host, Redaktur: Gusti Andry)